Selasa, 27 November 2012

STUDI LAHAN KERING





TUGAS TAMBAHAN


MATA KULIAH                          : STUDI LAHAN KERING
DOSEN PENGAMPU                            : SAPRUDIN,SP
NIDN                                          : 1130097203
PROGRAM STUDI                   : AGRIBISNIS
FAKULTAS                                 : PERTANIAN
PERGURUAN TINGGI              : UNIVERSITAS ANTAKUSUMA PANGKALAN BUN

NAMA                                      : HENDRIYANSYAH
NIM                                          : 095420100XXX
HARI / TANGGAL                     : RABU / 28 NOPEMBER 2012



SOAL !

1.       Apa yang saudara ketahui tentang lahan kering ?
Jawab
Hamparan lahan yang didayagunakan tanpa penggenangan air, baik secara permanen maupun musiman dengan sumber air berupa hujan atau air irigasi
2.       Lahan adalah hamparan termasuk tanah yang merupakan media tumbuh tanaman yang diusahakan oleh petani. Menurut saudara langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani terkait kelestarian sumber daya lahan dalam kegiatan pertanian ?
Jawab
·         Menutup permukaan tanah dengan tumbuh-tumbuhan dan tanaman atau sisa-sisa tanaman agar terlindung dari perusak butir-butir hujan yang jatuh.
·         Mengetur air yang mengalir di atas permukaan tanah agar mengalir dengan kecepatan yang tidak merusak dan sekaligus memperbesar kesempatan air untuk masuk ke dalam tanah.
·         Memperbaiki dan menjaga keadaan tanah agar tahan terhadap penghancuran agregat dan memiliki kemampuan lebih dalam penyerapan air di permukaan tanah.
3.       Suatu lahan digunakan untuk kegiatan pertanian dengan menanam jenis tanaman hortikultura slama 10 tahun berturut-turut, kemudian lahan tersebut ditelantarkan selama 5 tahun. Hitunglah berapa nilai R lahan tersebut dan buatlah kesimpulannya !
Jawab
R= Nx100/N+M
R=10x100/10+5
R= 66,7
Kesimpulan: Lahan tersebut merupakan sisitem usaha tani menetap.
4.       Tanah merupakan media tumbuh tanaman yang harus dijaga kelestariannya sebagai sumberdaya lahan untuk pertanian. Jelaskan maksud tersebut dibawah ini :
a.       Fungsi tanah
b.       Sebab-sebab degradasi tanah
Jawab     
a.       Fungsi Tanah
Tanah adalah suatu benda alami heterogen yang terdiri atas komponen-komponen pada, cair, dan gas yang mempunyai sifat dan perilaku yan dinamik.
·         Sebagai metrik tempat akar tumbuhan berjangkar dan air tanah tersimpan.
·         Sebagai sumber unsur hara bagi tumbuhan.
b.       Sebab-sebab degradasi tanah
·         Kehilangan unsur hara dari daerah perakaran
·         Terakumulasinya garam di daerah perakaran, terkumppulnya atau terungkapanya unsur atau senyawa yang merupakan racun bagi tanaman
·         Penjenuhan tanah oleh air
·         erosi
5.       Jelaskan dampak erosi terhadap kerusakan tanah !
Jawab
·         Penurunan produktifitas lahan.
·         Kehilangan unsur hara yang di perlukan tanaman.
·         Penurunan kualiatas tanaman yang dihasilkan.
·         Penurunan laju masuknya air ke dalam tanah.
·         Penuruna kemampuan tanah menahan air.
6.       Apa yang saudara ketahui tentang konservasi tanah dalam arti luas dan sempit ?
Jawab
Arti luas: penempatan sebidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukan sesuai dengan syarat-syarat yang di perlukan agar tidak terjadi kerusakan tanah.
Arti sempit : sebagai upaya untuk mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak akibat erosi.
7.       Jelaskan hubungan konservasi tanah dan konservasi air kaitannya dengan kegiatan pertanian dilahan kering !
Jawab
·         Memelihara jumlah, waktu aliran, dan kualiatas air.
·         Mengoptimalkan pemanfaatan air melalui penerapan cara-cara penggunaan air untuk pertaniaan yg efisien.
8.       Suatu lahan digunakan untuk kegiatan pertanian dengan menanam jenis tanaman pangan selama 2 tahun berturut-turut, kemudian lahan tersebut ditelantarkan selama 10 tahun. Hitunglah berapa nilai R lahan tersebut dan buatlah kesimpulannya !
Jawab
R= Nx100/N+M
R= 2x100/2+10
R= 16,7
Kesimpulan: Lahan tersebut merupakan sisitem usaha tani tidak menetap.

9.       Jelaskan yang dimaksud dengan istilah konservasi air dan upaya apa sebaiknya dilakukan terkaitan dengan tanggung jawab sektor pertanian dengan masalah ketersediaan air ?
Jawab 
Konserfasi air adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertaniaan seefisien mungkin dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang meruasak dan terdapat cukup air pada waktu musim kemarau.
Upaya yang dilakukan terkait masalah tersebut:
·         Memelihara jumlah, waktu aliran, dan kualiatas air.
·         Mengoptimalkan pemanfaatan air melalui penerapan cara-cara penggunaan air untuk pertaniaan yg efisien.
10.   Jelaskan jenis erosi menurut bentuknya !
Jawab
Jenis erosi:
·         Erosi lembar : pengangkutan lapisan tanah yang merata tebalnya dari suatu permukaan tanah.
·         Erosi alur : pengankutan tanah dari alur-alur tertentu pada permukaan tanah, yang merupakan parit-parit kecil dan dangkal.
·         Erosi parit : proses terjadi sama dengan erosi alur namun alur yang terbentuk lebih besar.
·         Erosi tebing sungai : terjadi sebagai akibat pengikisan tebing sungai oleh air yang mengalir dari bagian atas tebing atau oleh terjangan yang kuat aliran sungai yang berada di belokan.
·         Erosi longsor  : bentuk erosi pengangkutan atau pemindahan atau gerakan tanah yang terjadi pada saat yang bersamaan dalam volume besar.
·         Erosi internal : terangkutnya butir-butir tanah ke bawah ke dalam celah-celah atau pori-pori tanah sehingga tanah kedap air dan udara.
11.   Jelaskan metode konservasi tanah yang saudara ketahui !
Jawab Metode konservasi tanah
a.       Metode vegetatif
Metode ini menggunakan tanaman dan sisi tanaman sebagai alat  konservasi tanah.
Vegetasi tanaman memiliki fungsi
1.       Tajuknya mampu melindungi permukaan tanah dari daya perusak butir-butir hujan yang jatuh
2.       Tegaknya batang dapat menghambat aliran air di permukaan tanah sehingga permukaan tanah terlindung dari pengikisan oleh aliran air
3.       Perakarannnya akan membantu memperbesar penyerapan dan penahanan air oleh tanah sehingga air lebih banyak di simpan dalam tanah
b.       Metode mekanik
Metode mekanik adalah semua perlakuan fisik mekanis yang di terapkan pada tanah dan pembuatan bangunan untuk mengurangi aliran permukaan dan erosi serta meningkatkan kemampuan penggunaan tanah , fungsi
1.       Memperlambat laju aliran permukaan
2.       Menampung dan menyalurkan aliran permukaan sehingga kekuatannya tidak merusak
3.       Memperbaiki dan memperbesar penyerapan air ke dalam tanah dan memperbaiki aerasi tanah
4.       Menyediakan air bagi tanah
c.       Metode kimia dalam konservasi tanah adalah penggunaan preparat kimia baik berupa senyawa sintetik maupun berupa bahan alami yang telah di olah, dalam jumlah yang relative sedikit, untuk meningkatkan stabilitas agregat tanah dan mencegah erosi. Struktur tanah yang stabil merupakan salah satu factor yang berpengaruh positif terhadap pengurangan kepekaan erosi tanah dan pertumbuhan tanaman. Metode kimia ini jarang diterapkan karena membutuhkan biaya yang mahal.
12.   Jelaskan tentang sistem klasifikasi tanah  !
Jawab
Sistem Klasifikasi Tanah adalah suatu sistem penggolongan yang sistematis dari jenis–jenis tanah yang mempunyai sifat–sifat yang sama ke dalam kelompok–kelompok dan sub kelompok berdasarkan pemakaiannya (Das,1995).

Sistem klasifikasi tanah dibuat pada dasarnya untuk memberikan informasi tentang karakteristik dan sifat-sifat fisis tanah. Karena variasi sifat dan perilaku tanah yang begitu beragam, sistem klasifikasi secara umum mengelompokan tanah ke dalam kategori yang umum dimana tanah memiliki kesamaan sifat fisis. Klasifikasi tanah juga berguna untuk studi yang lebih terperinci mengenai keadaan tanah tersebut serta kebutuhan akan pengujian untuk menentukan sifat teknis tanah seperti karakteristik pemadatan, kekuatan tanah, berat isi dan sebagainya (Bowles, 1989).
13.   Jelaskan tentang jenis tanah yang ada di wilayah kotawaringin barat !
Jawab
Berdasarkan data statistik (BPS, 2008) bahwa tanah di wilayah Kotawaringin Barat jenisnya sangat bervariasi dengan tingkat kesuburan yang sangat terbatas. Keadaan tanah di Kabupaten Kotawaringin Barat termasuk klasifikasi tanah kelas IV sampai dengan kelas VII (yaitu keadaan tanah yang mempunyai kadar hambatan yang sedang sampai tinggi). Dilihat dari tekstur tanah, umumnya wilayah Kotawaringin Barat sebagian besar didominasi oleh tekstur tanah lempung berpasir/tekstur tanah halus.
14.   Apa yang dimaksud dengan istilah tanah jenuh air ?
Jawab
Didalam tanah yang jenuh sebagian, air tidak mengisi seluruh ruang pori yang ada dalam tanah. Jadi, dalam hal ini terdapat 3 sistem fase, yaitu butiran padat, air pori dan udara pori .Maka dari itu, tegangan total pada setiap titik didalam tanah terdiri dari tegangan antar butir, tegangan air pori, dan tegangan udara pori.Dari hasil percobaan dilaboratorium, Bishop, Alpan, Blight, dan donal (1960) menyajikan suatu persamaan tegangan efektif untuk tanah yang jenuh sebagian.
15.   Di wilayah kotawaringin barat antusias pengembangan budidaya tanaman perkebunan (sawit) begitu besar mulai dari pelaku perkebunan/perusahaan  swasta sampai perkebunan rakyat (perorangan), mulai dari lahan kering sampai tidak sedikit pula yang merambah ke lahan basah (rawa-rawa ). Bagaimana menurut saudara terhadap fenomena ini kalau dikaitkan dengan upaya konservasi tanah dan air ?
Jawab 
Ada beberapa cara konservasi tanah rawa :
·         Pengelolaan air ramah lingkungan
·         Mematangkan gambut dan perbaiki sifat gambut
·         Mencampur lapisan gambut dengan lapisan mineral tanah yang ada di bawahnya, walaupun mengandung pirit. Hal ini dapat dilaksanakan jika gambutnya cukup dangkal dengan memanfaatkan tanah mineral yang terangkat ke permukaan tanah ketika membuat parit.
16.   Apa yang dimaksud dengan istilah kemampuan dan kesesuian tanah dalam pertanian  ?
Jawab
Penggunaan tanah dengan menyesuaikan macam dan cara penggunaan tanah dengan kemampuan tanah serta memberikan prilaku yang sesuai syarat yang di perlukan agar tidak rusak dan dapat berfungsi secara berkelanjuatan.
17.   Termasuk kelas apa jenis tanah yang ada di kotawaring barat ?
Jawab 
Jenis tanah di Kotawaringin Barat terdiri dari Organosol, Aluvial, Regosol, PMK, Podsol, Latosol, Litosol dan Laterit. Menurut Tingkat kesuburannya, tanah di Kalimantan Tengah termasuk dalam kelas IV, V dan III, yang secara umur mempunyai tingkat kesuburan yang rendah.
18.   Apa fungsi  melakukan penanaman jenis annual crop (kacang-kacangan) pada tanah yang terjadi seperti pada perkebunan sawit ?
Jawab 
·         Melindungi tanah dari daya rusak bulir-bulr air hujan yang jatuh di bumi.
·         Menghambat pertumbuhan gulma.
·         Menjaga kelembapan tanah.
19.   Apa yang harus dilakukan terhadap lahan yang miring / lereng untuk kegiatan pertanian terkait dengan upaya konservasi tanah dan air  ?
Jawab 
1.       Memperlambat laju aliran permukaan (model trap)
2.       Menampung dan menyalurkan aliran permukaan sehingga kekuatannya tidak merusak
3.       Memperbaiki dan memperbesar penyerapan air ke dalam tanah dan memperbaiki aerasi tanah
4.       Menyediakan air bagi tanah
5.       Tajuknya mampu melindungi permukaan tanah dari daya perusak butir-butir hujan yang jatuh
6.       Tegaknya batang dapat menghambat aliran air di permukaan tanah sehingga permukaan tanah terlindung dari pengikisan oleh aliran air
7.       Perakarannnya akan membantu memperbesar penyerapan dan penahanan air oleh tanah sehingga air lebih banyak di simpan dalam tanah


20.   Tanaman sawit disenyalir merupakan tanaman yang rakus akan unsur hara tanah termasuk tanaman yang penyerapan air sangat tinggi karena sistem perakarannya. Fenomena ini tergambar bagaimana kedepannya agar kesuburan tanah tetap lestari dan fungsi tanah untuk pertanian berkelanjutan. Bagaimana upaya yang dilakukan menurut saudara terkait dengan produktivtas tanah ?
Jawab 
Harus dilakukan konservasi tanah dan air, baik dengan menggunakan teknik vegetatif, mekanik, kimia ataupun campuran dari ketiganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar